Total Tayangan Halaman

Riview Novel Senja di Canggu Karya Rinny Ermiyanti

by - Maret 11, 2018



Berawal dan berakhir pada dua senja di Canggu, dalam kurun waktu 7 tahun.

Penulis seorang perempuan tangguh. Maka tidak heran, jika tokoh perempuan yang ia tulis juga memiliki karakter yang tidak jauh berbeda. Tangguh, tidak suka dikasihani.

Pernah baca novelnya NH Dini? Seberani itulah keberanian penulis menulis kisah ini. Novel ini saya kira cocok dibaca untuk usia 18+, tidak direkomendasikan untuk anak abegeh.

Tapi jangan berasumsi bahwa ini novel vulgar dalam mengisahkan romansanya. Demikianlah kehidupan, ada aral rintang, ada pasang surut keimanan. Menulis tidak melulu mengisahkan cerita yang baik-baik saja. Karena kehidupan tidaklah selalu senyaman yang diharapkan.

Cinta, sekuat dan sedalam apapun tetap harus mengedepankan logika. Harus tegas. Harus ada batas antara patuh, segan, kasihan dan simpati. Namun, sekuat apapun manusia tetap harus menjalani takdirnya.

Novel ini bersetting tahun 1998, di Jakarta. Tentang pertemuan tidak sengaja dua orang  dokter yang sedang menghadapi keriuhan pasien korban tragedi 98. Padahal keduanya sudah berdinas di rumah sakit yang sama. Namun karena beda tugas mereka tidak saling mengenal.

Firsty 27 tahun, seorang dokter umum, cantik, menarik, sudah yatim piatu sejak SD. Esti panggilannya, seorang gadis yang terbiasa mandiri dan tidak suka bergantung pada orang lain.

Abimanyu 36 tahun dengan nama panggilan Bima. Seorang dokter spesialis jantung. Tampan, menarik, punya kehidupan yang sempurna, tapi tidak untuk urusan percintaan, sebelum pertemuannya dengan Esti. Beberapa kali nyaris menikahi seorang gadis, bahkan empat hari sebelum hari pernikahannya, kekasihnya meninggal.

Setelah itu, bertahun-tahun ia menutup diri. Tetapi semenjak pertemuannya dengan Esti, tanpa menunggu waktu penjajagan ia jatuh cinta pada gadis itu.

Gayung bersambut, keduanya membina hubungan asmara yang indah. Membuat patah hati gadis-gadis yang diam-diam mengagumi Abimanyu.

Dita, sepupu Esti, juga seorang dokter, sahabat Abimanyu sejak sekolah. Diam-diam menyimpan cinta kepada Abimanyu, tetapi selalu kandas karena Abi tidak memiliki perasaan apapun padanya.

Dita bisa menerima Bima menjalin hubungan dengan gadis lain, meskipun hatinya hancur. Tapi ia tidak bisa menerima ketika Bima dan Esti menikah.

Dita yang selalu dimenangkan dari Esti, kali ini juga ingin memiliki Bima. Ia tidak ingin mengalah untuk memiliki Bima, apalagi saingannya adalah Esti, sepupunya sendiri.

Ambisi Dita untuk memiliki Bima tidak terwujud, hingga ia mengalami depresi berat. Karirnya hancur, dipaksa berhenti bertugas sementara selama 6 bulan dari rumah sakit. Menunggu hingga kondisi kejiwaannya kembali normal.

Esti dan Bima tidak tega melihat kondisi Dita. Dengan izin Esti, Bima membantu kesembuhan Dita, dengan mendampinginya agar kejiwaannya pulih.

Tapi kebaikan pasangan suami istri, Esti dan Bima, justru menjadi bumerang bagi hubungan mereka. Dita menjebak Bima. Hingga terpaksa ayah Bima memintanya bertanggung jawab.

Bagaimanakah hubungan mereka?
Padahal Esti sedang mengandung anak Bima.
Mengapa mereka sampai terpisah hingga lima tahun lamanya?
Bagaimana dengan Abi, buah cinta Esti dan Bima, apakah bisa sembuh dari leukemia yang dideritanya?

Temukan ending yang membuat tergugu ini, pembaca sekalian. Buku setebal 256 halaman ini dibanderol seharga Rp. 56.000,-
Diterbitkan oleh CV Pustakapedia.

Saya menemukan NH Dini di usia pemulanya. Agaknya demikian...










You May Also Like

5 komentar

  1. Saya suka NH Dini Mbak..baca review ini jadi penasaran dengan novelnya Rinny Ermiyanti. Menunggu senja sampai 7 tahun lamanya...ah, bikin penasaran saja:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa dulu saya baca novel NH Dini pinjam sama kawan. Sekarang yang ditulis belakangan ini saya punya..

      Hapus
  2. Wah, saya kemarin nggak ikut pre order novelnya.
    Jadi penasaran keseluruhan isinya setelah baca review ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera bisa dibeli di tobuk ternama ya..

      Hapus
  3. wah keren juga nich novelnya, bisa jadi rekoendasi nich untuk nambah buku

    BalasHapus